Beranda | Artikel
Agar Rindu Bertemu Allah
Rabu, 18 Desember 2013

Agar Rindu Bertemu Allah

Allah adalah Dzat Yang Maha Indah. Pencipta segala keindahan. Dia memiliki nama al-Jamil (Yang Maha Indah), dan Dia mencintai keindahan. Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ اللهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ

”Sesungguhnya Allah Maha indah dan mencintai keindahan.” (HR. Muslim 91)

Agar para hamba selalu dekat dengan Allah, Allah jelaskan semua keindahan dan kesempurnaan diri-Nya, dalam bentuk nama-namanya yang indah dan sifat-sifatnya yang mulia. Semakin banyak seseorang mengenal nama dan sifat Allah, semakin besar pula kecintaannya untuk selalu bertemu Allah.

Karena itulah, shalat menjadi penyejuk pandangan mata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

وَجُعِلَتْ قُرَّةُ عَيْنِي فِي الصَّلَاةِ

”Dijadikan penyejuk pandanganku dalam shalat.” (HR. Nasai 3940 dan dishahihkan al-Albani)

Mengapa shalat?

Karena ketika shalat bertemu dan bermunajat dengan Allah ta’ala.

إن أحدكم إذا قام في الصلاة، فإنه يناجي ربه

”Ketika kalian sedang melakukan shalat, hakekatnya dia bermunajat dengan Tuhannya.” (HR. Ahmad 4928 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth)

Inilah keindahan sejati seorang muslim. Bermunajat dengan Allah ta’ala. Karena itulah, Allah balas mereka dengan keindahan mutlak, keindahan tiada bandingannya, keindahan ketika melihat wajah Dzat Yang Maha Indah.

Doa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam karena kerinduannya untuk bertemu Allah,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ لَذَّةَ النَّظَرِ إِلَى وَجْهِكَ، وَالشَّوْقَ إِلَى لِقَائِكَ فِي غَيْرِ ضَرَّاءَ مُضِرَّةٍ، وَلَا فِتْنَةٍ مُضِلَّةٍ

Ya Allah, Aku mohon kepada-Mu kenikmatan memandang wajah-Mu (di Surga), rindu bertemu dengan-Mu tanpa penderitaan yang membahayakan dan fitnah yang menyesatkan. (HR. Nasai 1305 dan dishahihkan al-Albani).


Artikel asli: https://nasehat.net/agar-rindu-bertemu-allah/